Posted on: March 28, 2020 Posted by: admindesa Comments: 0

DESA WANOGARA KULON COBA CEGAH PENULARAN COVID-19 LEWAT BERBAGAI CARA

Wanogara Kulon 26 Maret 2020- Pandemi Covid-19 mulai menjangkiti berbagai wilayah di Indonesia. Tidak terkecuali wilayah di Kabupaten Purbalingga. Diumumkanya kasus 5 positif corona pada Rabu 25 Maret oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi S.E,B.Econ,M.M membuat seluruh Desa di Kabupaten Purbalingga bergerak cepat melakukan upaya pencegahan agar tidak semakin meluasnnya virus ini.

Termasuk di Desa Wanogara Kulon, Pemerintah Desa Wanogara Kulon bersama dengan berbagai lembaga terkait langsung melakukan rapat terbatas.  Rapat tersebut memutuskan beberapa hal diantaranya

  1. Menghimbau kepada masyarakat Desa Wanogara Kulon agar menerapkan hidup bersih dengan selalu cuci tangan dan menjaga kebersihan badan terutama setelah bepergian.
  2. Membuat Surat Edaran agar petugas koprasi dan atau sebagainya agar tidak melakukan transaksi terlebih dahulu untuk membatasi masuknya warga dari luar desa.
  3. Menghimbau agar warga masyarakat tidak bepergian jika tidak terlalu penting.
  4. Memberlakukan sosial dictancing atau menjaga jarak dengan orang minimal satu setengah meter.
  5. Membagikan masker gratis kepada masyarakat.
  6. Melarang kepada masyarakat untuk tidak membuat kerumunan dan atau mengumpulkan orang banyak. Apabila ada yang melanggar akan di lakukan sanksi dan pembubaran.
  7. Mengimbau masyarakat Desa Wanogara Kulon yang sedang di perantauan agar menunda kepulangannya ke Desa Wanogara Kulon. Bagi warga yang sudah terlanjur pulang agar melapor kepada RT setempat atau pemerintah desa dan menghimbau agar supaya melakukan isolasi mandiri selama 14 hari terhitung sejak keberangkatanya dari perantauan agar bisa di pantau kesehatannya.
  8. Melakukan penyemprotan di sinfektan di seluruh RT dan fasilitas Umum yang ada.
  9. Membatasi masuknya warga lain dari luar desa termasuk pedagang keliling.
  10. Membentuk Gugus Tugas/Relawan Tanggap Darurat  COVID-19 dan membuat Posko Gugus Tugas di pintu masuk Desa.
  11. Mengalokasikan Dana untuk penanganan Covid 19 sebesar 30.000.000  yang di ambil dari Dana Desa Tahun 2020.

Kepala Desa Wanogara Kulon H. Sunarto H S S.Pd mengatakan, Berbagai upaya yang telah di lakukan di harapkan dapat mencegah masuknya virus ke Desa Wanogara Kulon. Beliau juga berpesan agar masyarakat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Categories:

Leave a Comment