Posted on: March 19, 2020 Posted by: admindesa Comments: 0

MENGENAL COVID-19 DAN CARA CEGAH PENULARAN

Wanogara Kulon, 19 Maret 2020 – Awal tahun 2020 menjadi awal yang kurang baik bagi negara di seluruh belahan dunia dengan merebaknya Virus Covid-19 atau yang lebih awam di kenal dengan nama virus Corona,tidak terkecuali  bagi bangsa Indonesia.

Dikutip dari website https://kawalcovid19.id/ pada 20 Maret  jumlah pasien yang terkonfirmasi terkena Virus Corona ini mencapai jumlah 308 dan masih dalam  pemantauan 268 dengan jumlah pasien meninggal 25 dan pasien yang sembuh 15 orang,dan kemungkinan besar angka-angka tersebut akan terus bertambah.

Tapi apakah warga masyarakat Desa Wanogara Kulon tau apa itu Virus Corona dan bagaimana cara mengatisipasi penularannya.Kemudian banyak istilah-istilah yang muncul dan menimbulkan kebingungan pada sebagian pasien. Berikut adalah penjelasannya;

Menurut situs WHO, virus corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia corona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrme (SARS).

Virus corona paling terbaru yang ditemukan adalah virus corona COVID-19. Virus ini termasuk penyakit menular dan baru ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019 yang kemudian menjadi wabah.

Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini bersifat ringan dan terjadi secara bertahap.

Namun, beberapa orang yang terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun dan tak merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mendapatkan COVID-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas.

Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin terkena penyakit serius. Orang dengan demam, batuk dan kesulitan bernapas harus mendapat perhatian medis.

Menurut WHO, virus corona COVID-19 menyebar orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika seseorang batuk atau menghembuskan nafas. Tetesan ini kemudian jatuh ke benda yang disentuh oleh orang lain. Orang tersebut kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Tips pencegahan Virus Corona di Wilayah Kabupaten Purbalingga.

 Bupati Purbalingga  Dyah Hayuning Pratiwi  S.E ,B.Econ,M.M mengatakan Pemerintah Serius ,siap dan mampu menangani Covid-19. Tetapi masyarakat juga di himbau agar tetap menjaga kesehatan dengan cara ;

  • Sering mencuci tangan menggunakan sabun.
  • Gunakan masker bila batuk atau pilek
  • Konsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah
  • Rajin berolahraga dan istirahat cukup
  • Jangan konsumsi daging yang tidak di masak
  • Bila batuk dan sesak nafas segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan

Semoga kita senantiasa terlindung dari segala penyakit dan Virus Corona segera bisa hilang dari Indonesia.

Categories:

Leave a Comment